Warga Kricak Memborong Banyak Penghargaan Anugerah Lingkungan 2023

Pemerintah Kota Yogyakarta memberikan 300 apresiasi kepada penggiat lingkungan dan bank sampah di Kota Yogyakarta melalui berbagai lomba yang telah berlangsung sejak Oktober 2023. Apresiasi ini dilaksanakan dengan memberikan penghargaan pada ada acara Anugerah Lingkungan 2023 di Ruang Pandawa Kompleks Balai Kota Yogyakarta, Kamis (14/2).

 

Beberapa lomba diantaranya adalah lomba Ecobrick, lampion, bank sampah reguler, bank sampah inovatif, bank sampah Program Kampung Iklim (Proklim), bank sampah pembina, reduksi sampah anorganik, pengolahan sampah organik, cerdas cermat bank sampah, serta cerdas cermat faskel, lomba yel-yel dan fashion show.

 

Pada acara Anugerah Lingkungan 2023, Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo memberikan penghargaan kepada  35 Bank Sampah, sebagai bank sampah yang telah berkiprah selama lebih dari 10 tahun dan sampai saat ini masih aktif dalam upaya mengelola sampah. Penyerahan Penghargaan kepada empat sekolah Berwawasan Lingkungan dan penyerahan SK penetapan reward kepada 16 Sekolah yang berhasil menjadi Sekolah Adiwiyata Provinsi, Adiwiyata Nasional, dan Adiwiyata Mandiri Tahun 2023

Pada acara Anugerah Lingkungan 2023 ini kelurahan kricak bisa dikatakan banyak memborong sejumlah penghargaan diantaranya 

Prestasi yg diraih Kelurahan Kricak Tahun 2023
1, Juara 1 FKPM TK Kota Yogyakarta
2, Juara 3 FKPM TK DIY
3, Juara harapan 1 LPM TK DIY
4, Juara 1 Proklim tingkat Kota Yogyakarta
5, Juara 1 Bank Sampah reguler
6 Harapan 1 Pembina
7, Harapan 1 Organik
8, Juara 2 Lomba Lampion daur ulang sampah
9 Juara 2 Yel Yel
10 Juara 2 Ecobrik
11, Juara harapan 2 fashion show daur ulang sampah

 

Pada kesempatan ini, Singgih Raharjo juga menyerahkan penghargaan secara simbolis kepada lima perwakilan paguyuban penggerobak dari 14 paguyuban. Penghargaan ini diberikan untuk memberikan apresiasi para penggerobak dalam upaya pengurangan sampah dan memberikan edukasi pemilahan sampah kepada para pelanggannya.

 

“Apresiasi bagi panjenengan semua yang telah berdedikasi bersama Pemerintah Kota Yogyakarta untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan,” tuturnya.

 

Singgih menyebutkan permasalahan lingkungan di Kota Yogyakarta saat ini adalah  permasalahan sampah, air bersih dan sehat dan sanitasi. Tiga hal menjadi menjadi perhatian yang harus diupayakan dan mendorong menciptakan kondisi lingkungan yang tetap sehat.

“Saya berharap apa yang kita berikan ini (penghargaan) akan menambah semangat  untuk terus menjaga lingkungan ini dan saya berharap persoalan sampah akan selesai. Maka dengan begitu, kita pemerintah kota tidak terlalu kerepotan untuk kemudian mengelola sampah residu. Mari kita selesaikan ini karena kita semua mempunyai tanggung jawab yang sama untuk pengelolaan sampah ujungnya adalah kemudian menjaga lingkungan kita supaya tetap lestari,” ujarnya.

Lurah kricak bersama pemenang penghargaan Anugrah Lingkungan Hidup 2023

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta Sugeng Darmanto bahwa acara Anugerah Lingkungan Hidup 2023 merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Kota Yogyakarta kepada penggiat lingkungan melalui bank sampah yang telah berpartisipasi menjaga lingkungan.

 

“Mengingat bahwa dengan pencapaian prestasi yang diperoleh ini bukan berarti selesai atau akhir dalam pengelolaan lingkungan namun untuk terus dilakukan,” pesannya