Bansos Terkendali: PJ Walikota Perkuat Monitoring Penyaluran Bantuan Pangan

Yogyakarta, 22 November 2023 - Penjabat (PJ) Walikota Yogyakarta, Singgih Raharjo, SH, Med. melakukan kunjungan langsung ke Kemantren Tegalrejo guna memantau proses penyaluran bantuan pangan beras yang diselenggarakan oleh Badan Pangan Nasional melalui Perum Bulog.

Peninjauan ini turut dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Yogyakarta, Bank Indonesia Kantor Perwakilan DIY, Perum Bulog Divre Yogyakarta, Dinas Pertanian dan Pangan, Forkompintren dan berbagai OPD terkait lainnya.

Penyaluran bantuan pangan berlangsung selama empat hari, tanggal 20 s/d 23 November 2023, bertempat di Pendopo Abdi Praja Kemantren Tegalrejo. Sebanyak 2,471 KPM di Kemantren Tegalrejo menerima bantuan pangan berupa 10 kg beras, serta ada tambahan penerima sejumlah 132 KPM yang masing-masing mendapatkan 30 kg beras. Penambahan beras ini bertujuan untuk memberikan dukungan ekstra kepada KPM yang membutuhkan bantuan lebih besar.

Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan, Sukidi, S.E., M.Si. menyampaikan maksud dan upaya meningkatkan kualitas penyaluran bansos pangan beras untuk kebutuhan keluarga penerima manfaat.

“Tujuan dari penyaluran bantuan pangan beras ini adalah untuk mengurangi beban pengeluaran masyarakat dan menekan laju inflasi. Beras yang disalurkan memiliki kualitas medium, dan sebelum penyaluran dilakukan pengecekan mutu beras untuk memastikan kesesuaian dengan kualifikasi beras medium,”jelasnya.

Sementara itu, PJ Walikota mengatakan bahwa program ini merupakan kebijakan pemerintah dalam rangka pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat berupa beras.

“Makanan pokok kita itu beras, ini adalah salah satu kampanye hidup sehat, keseimbangan gizi harus diperhatikan terutama yang sedang hamil yang punya anak kecil, kita punya program selain mengentaskan kemiskinan juga menghapus angka stunting. Semoga program yang sekarang kita sampaikan yaitu bantuan pangan pada masyarakat penerima manfaat betul betul memberikan manfaat bagi panjenengan semua,”ujar PJ Walikota.

Selama kunjungannya, PJ Walikota melakukan penyerahan secara simbolis dilanjutkan penyerahan bantuan pangan beras secara langsung kepada KPM. Selain itu, PJ Walikota berkesempatan berdialog langsung dengan penerima manfaat untuk memastikan bahwa bantuan yang disalurkan benar-benar tepat sasaran dan memberikan manfaat nyata bagi keluarga penerima.

Dengan adanya kegiatan ini, Pemerintah Kota Yogyakarta menunjukkan komitmennya dalam mengatasi tantangan ekonomi dan gizi masyarakat, serta menekankan pentingnya pendekatan langsung untuk memastikan efektivitas program bantuan sosial di wilayah. Sehingga diharapkan dapat memperkuat sinergi antara pemerintah daerah dan instansi terkait dalam menjalankan program-program yang berfokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.