Sosialisasi Jogja Smart Service, Upaya Mengenalkan Layanan Pengaduan Masyarakat

Tegalrejo, Yogyakarta – Kemantren Tegalrejo telah menggelar sosialisasi Jogja Smart Service (JSS) beberapa waktu yang lalu. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan layanan inovatif ini kepada masyarakat dan mendorong adopsi teknologi di berbagai aspek pelayanan publik. Acara tersebut berlangsung meriah dengan antusiasme tinggi dari warga Kemantren Tegalrejo.

JSS merupakan sebuah platform berbasis digital yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam menyediakan layanan pemerintah kepada masyarakat. Platform ini menyediakan berbagai layanan, mulai dari administrasi kependudukan, izin usaha, hingga pengaduan warga. Dengan adanya JSS, masyarakat tidak perlu lagi menghabiskan waktu berlama-lama di kantor pelayanan publik, karena hampir semua proses dapat diselesaikan secara online.

Jogja Smart Service juga menyediakan fitur pelaporan dan umpan balik, di mana masyarakat dapat memberikan saran atau melaporkan permasalahan yang ditemui dalam penggunaan layanan ini. Diharapkan, umpan balik dari masyarakat dapat membantu pemerintah dalam melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan.

Mantri Pamong Praja Kemantren Tegalrejo, Antariksa Agus Purnama menyatakan, "Kami sangat mendukung keberadaan  Jogja Smart Service karena memudahkan warga Tegalrejo  dalam mendapatkan aksesibilitas pelayanan publik."

Seperti yang dilakukan oleh Kemantren Tegalrjo yang tahun ini mengadakan sosialisasi JSS kepada masyarakat, yang dikhususkan untuk pelayanan aduan melalui kanal JSS. Sementara untuk tahun depan dikhususkan kepada layanan mendapatkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), “ pungkas Agus.

Widodo, seorang warga Tegalrejo yang hadir dalam sosialisasi, menyatakan, "Saya merasa senang dan terbantu dengan adanya Jogja Smart Service ini. Meski harapan saya dalam sosialisasi ini banyak materi yang akan disampaikan, tidak hanya terkait dengan pengaduan saja. Namun dengan banyaknya menu yang ada dalam JSS memang sebaiknya sosialisasi berdasarkan per menu layanan JSS.”ujarnya.