Kemantren Tegalrejo Adakan Upacara HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia

Tegalrejo, Yogyakarta - Setelah hampir 3 tahun pelaksanaan upacara peringatan kemerdekaan RI dilakukan secara terbatas maupun virtual, tahun ini terlihat berbeda. Adanya pandemi Covid-19 di seluruh dunia mempengaruhi perilaku kehidupan manusia.

Namun, dengan melandainya kasus Covid-19 di Indonesia pada umumnya dan Kota Yogyakarta khususnya, maka peringatan kemerdekaan RI dapat kembali berjalan normal. Meski tetap menjaga protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan membatasi jumlah perserta upacara.

Sehingga pada hari Rabu, 17 Agustus 2022 Kemantren Tegalrejo melakukan Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Lapangan SMA Negeri 4. Upacara ini diikuti oleh pegawai Keamantren dan kelurahan, beberapa siswa SMA 4 dan elemen masyarakat di wilayah Kemantren Tegalrejo.

Tak lupa, turut hadir pula Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompinca) Tegalrejo dan beberapa ketua lembaga sosial di tingkat kecamatan dan kelurahan. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Mantri Pamong Praja Kemantren Tegalrejo, Drs. Antariksa Agus Purnama,M.Si.

“Menjadi tugas kita bersama untuk mengisi dan memanfaatkan kemerdekaan ini dengan daya upaya terbaik sesuai perannya masing-masing. Masyarakat dapat mengisi kemerdekaan secara sungguh-sungguh, menjaga kerukunan, menjaga persatuan dan kesatuan agar para pahlawan yang gugur merasa bangga melihat generasi sekarang, “ ujar Antariksa Agus yang menyampaikan amanat Gubernur DIY.

Oleh karena itu, lanjut Agus, yang pertama adalah persatuan dan komitmen membangun bersama bahwa negeri ini adalah milik semua orang.

“Dengan demikian, masing-masing individu mempunyai tanggung jawab dan memiliki peran sesuai dengan kemampuan masing-masing. Semua elemen bangsa harus bersinergi dan berggotong royong untuk mewujudkan harapan, selaras tema peringatan Kemerdekaan kali ini, ‘Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”, pungkas Agus mengakhiri amanat Gubenur.

Upacara diakhiri dengan hiburan oleh paduan suara SMA Negeri 4 yang menyanyikan lagu Hari Merdeka dan Tanah Airku. (sapta)