Karawitan Laras Sangkoyo Bawono Hibur Pengurus RT RW se Kemantren Tegalrejo

Tegalrejo, Yogyakarta – Monumen Diponegoro hari itu terlihat beda. Sabtu sore itu, terdengar alunan karawitan yang mendayu-dayu.  Di tengah alunan gamelan yang membuat hati tenang, terdengar suara sinden yang melantunkan tembang Jawa yang membuat jiwa semakin nyaman dan damai.

Ternyata hari itu di Pendopo Monumen Diponegoro Tegalrejo ada acara Pengukuhan Pengurus RT/RW se Kemantren Tegalrejo. Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Walikota Yogyakarta, seluruh Ketua RT dan RW terpilih, tamu undangan dan unsur Forkompinca se Kemantren Tegalrejo.

Tak lupa, anggota DPRD Kota Yogyakarta,  ketua Kampung se Kemantren Tegalrejo,  dan ketua lembaga sosial yang berada di Kemantren Tegalrejo juga turut hadir.

Mantri Pamong Praja Kemantren Tegalrejo, Antariksa Agus Purnama menyampaikan terima kasih atas kehadiran dan kesediaan menjadi pengurus kampung.

“ Menjadi pengurus RT maupun RW merupakan sebuah bentuk pengabdian di masyarakat. Oleh karena itu, kami menyampaikan terima kasih atas kesediaan Bapak Ibu menjadi ketua RT maupun RW, “ ujar Antariksa Agus saat membuka acara.

Sementara itu, Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi yang turut hadir pada acara tersebut menyampaikan ucapan selamat pada pengurus RT dan RW yang baru terpilih dan berterima kasih pada pengurus RT dan RW periode 2019–2021 yang telah menyelesaikan pengabdiannya.

“Sebagai Ketua RT atau RW kita harus ngemong masyarakat agar dinamika kegiatan kemasyarakatan dan pembangunan wilayah menjadi milik bersama, tanggungjawab bersama dalam kebersamaan dan gotongroyong,” kata Heroe.

Heroe juga menyampaikan bahwa janjinya terhadap pengurus RT dan RW yang lalu berupa fasilitasi kegiatan telah dipenuhi, sedangkan untuk pengurus baru dikarenakan tahun 2022 merupakan akhir dari masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota periode 2017 - 2022 maka yang pihaknya lakukan adalah upaya merevisi peraturan yang saat ini sedang digodok oleh tim.

“Peraturan yang kami susun tersebut mencakup hubungan RT, RW, Rukun Kampung/RK dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan/LPMK dalam satu kesatuan sistem agar hasil (kinerja) yang diperoleh lebih maksimal,” jelas Heroe.

Acara sore itu turut pula dimeriahkan dengan penampilan adik Angel dari Kelurahan Bener yang membawakan Tarian Mulanira dan penghargaan bagi para ketua RW yang dinilai mampu mengerakkan pemberdayaan masyarakat di tingkat RW. Foto bersama Wakil Walikota Yogyakarta menjadi akhir acara pengukuhan pengurus RT RW se Kemantren Tegalrejo.(sapta)