Dorong Percepatan Vaksinasi, Pemkot Yogya Luncurkan Jogja Merdeka Vaksin

Tegalreo,Yogyakarta – Pandemi  akibat virus Covid 19 yang telah berlangsung sejak tahun lalu masih belum terlihat usai. Bahkan telah muncul beragam varian virus, terakhir bernama varian Delta yang terindikasi telah masuk ke wilayah DIY sejak awal bulan Juli.

Tentu saja, kehadiran varian baru virus Covid 19 yang diyakini lebih cepat penyebarannya membuat kesadaran masyarakat akan mentaati protokol  kesehatan harus makin tinggi. Pemerintah daerah sesuai dengan arahan pemerintah pusat telah menjalankan beragam program guma memutus mata rantai penyebaran virus Covid 19, yaitu dengan terus melakukan tes dan pelacakan (tracing) dan menerapkan PPKM ( Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat yang telah diubah istilahnya menjadi PPKM level 3 atau 4.

Selain itu, program vaksinasi terus digencarkan guna melengkapai upaya pencegahan penyebaran virus Covid 19 selain mentaati protokol kesehatan. Dengan vaksinasi maka sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus Covid 19 akan terbentuk dan resiko terinfeksi akan semakin kecil. Diharapkan pula terjadi kekebalan imunitas guna memutus penyebaran virus Covid 19.

Hal lain dari adanya vaksinasi ini adalah meminimalkan dampak ekonomi dan sosial karena jika sebagian besar masyarakat telah memiliki sistem kekebalan tubuh melawan virus Covid 19 maka kegiatan ekonomi dan sosial masyarakat akan kembali normal.

Sebagai upaya percepatan vaksinasi di Kota Yogyakarta, maka akan diluncurkan  gerakan Kota Jogja Merdeka Vaksin yang secara simbolis dilaksanakan di 5 kemantren pada hari Senin, 26 Juli 2021.

Lima kemantren yang dimaksud adalah Kemantren Mergangsan, Kemantren Danurejan, Kemantren Tegalrejo, Kemantren Kotagede dan Kemantren Wirobrajan.

Dengan titik pusat acara seremonial dilaksanakan di 3 titik yaitu Kemantren Mergangsan dipusatkan di halaman depan Kemantren Mergangsan yang akan dihadiri oleh Walikota Yogyakarta. Titik kedua bertempat di halaman SMP Bopri I untuk wilayah Kemantren Danurejan yang akan dihadiri oleh Kapolresta Yogyakarta.

Terakhir, berlokasi di wilayah Kemantren Tegalrejo tepatnya Puskesmas Pembantu Tompeyan yang akan dihadiri oleh Komandan Kodim (Dandim) 0734 Kota Yogyakarta.

Setelah acara peluncuran program nantinya akan dilanjutkan secara serentak ke semua kematren yang ada di wilayah Kota Yogyakarta.

Masyarakat dapat mengikuti vaksin dengan mendaftarkan melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS) yang dapat diunduh melalui Playstore/Appstore, khusus bagi warga Kota Yogyakarta.